Pengertian Load Balance



A. Pengertian Load Balance

     Load Balance dalam jaringan komputer adalah teknik untuk membagi beban (Load) ke dalam beberapa jalur atau link. Ini dilakukan jika untuk menuju network terdapat beberapa jalur (link). Tujuan dari load balancing ini agar tidak ada link yang mendapatkan beban yang lebih besar dari link yang lain. Diharapkan dengan membagi beban ke dalam beberapa link tersebut, maka akan tercapai keseimbangan (balance) penggunaan link-link tersebut.

     Ada berbagai macam implementasi load balance  yang sering dijumpai di lapangan. Yang paling sering adalah penerapan load balance pada saat suatu jaringan local yang memiliki dua atau lebih koneksi ke internet. Koneksi-koneksi tersebut dapat saja berasal dari ISP yang sama maupun berbeda.

B. Algoritma Dalam Load Balancing

     Dalam sistem load balancing, proses pembagian bebannya memiliki teknik dan algoritma tersendiri. Pada load balancing biasanya disediakan bermacam-macam algoritma pembagian beban ini. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan pembagian beban dengan karakteristik dari server-server yang ada di belakangnya. Secara umum, algoritma-algoritma pembagian beban yang banyak digunakan saat ini adalah:

         1.  Round Robin
Algoritma round robin merupakan algoritma yang paling sederhana dan banyak digunakan oleh perangkat load balancing. Algoritma ini membagi beban secara bergiliran dan berurutan dari satu server ke server lain sehingga membentuk putaran.


2.  Ratio
Algoritma ratio (rasio) merupakan sebuah parameter yang diberikan untuk masing-masing server yang akan dimasukkan kedalam sistem load balancing. Dari parameter ratio ini, akan dilakukan pembagian beban terhadap server-server yang diberi rasio. Server dengan rasio terbesar diberi beban besar, begitu juga dengan server dengan rasio kecil akan lebih sedikit diberi beban.

3.  Fastest
Algoritma fastest merupakan algoritma yang melakukan pembagian beban dengan mengutamakan server-server yang memiliki respon paling cepat. Server di dalam jaringan yang memiliki respon yang paling cepat merupakan server yang mengambil beban pada saat permintaan masuk.

3.    Least Connection
Algoritma Least Connection akan melakukan pembagian beban berdasarkan banyaknya koneksi yang sedang dilayani oleh sebuah server. Server dengan pelayanan koneksi yang paling sedikit akan diberikan beban yang berikutnya akan masuk.

Share on Google Plus

About Suryo

Terima kasih sudah mengunjungi blog sederhana saya.
Instagram :
Twitter :
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Banyak Atas Kunjungan. Silahkan berkomentar sesuka hati anda. Karena komentar anda sangat berarti bagi perkembangan dan kemajuan blog ini.
Please, Do not comment with the link active. Because it will automatically go to spam. Thank's